Penyebab Kucing Muntah Kuning

Pada umum, penyebab kucing muntah kuning karena ada-nya masalah pada organ di perut, ketika organ pencernaan kucing melawan sesuatu yang berpotensi merusak akan timbul reaksi muntah. tanda-tanda kucing muntah bisa di lihat dengan seksama seperti kontraksi perut yang kuat serta kepala yang berayun-ayun.

Sama seperti manusia, kucing juga bisa terkena berbagai macam penyakit, sebagai pemilik pasti khawatir jika si anabul terkena penyakit. Namun Jangan khawatir, sama seperti manusia, kucing juga punya gejala-gejala menandakan bahwa terkena penyakit, salah satu gejala kucing sakit yaitu muntah kucing.

Kucing Muntah

Untuk mengetahui penyebab kucing muntah, simak informasi berikut ini yang telah dibuat oleh tim Sobat Satwa :

Infeksi Bakteri dan Parasit

Bakteri dan Parasit sangat sering jadi biang keladi penyebab kucing muntah kuning, selain itu juga merupakan sumber masalah bagi kucing, dari penyakit ringan sampai berat serta berbahaya. Secara umum bakteri dan parasit terjadi oleh bakteri Salmonella. Infeksi bakteri dan parasit terjadi karena sering main dilingkungan kotor seperti lumpur, makanan serta minuman yang tidak bersih.

Diet

Paling umum penyebab kucing muntah adalah diet, perubahan pola makan dan jenis makanan yang tiba-tiba bisa membuat si anabul muntah biasanya diikuti dengan diare. Perlu diketahui juga kalau kucing memiliki intoleransi diet pada pencernaan-nya. Terutama kalau makanan sampingan atau makanan diet untuk kucing tidak cocok akan membuat si anabul muntah dan tidak nafsu makan lagi.

Cacingan

Parasit internal seperti cacing pita, cacing gelang, cacing tambang, cacing kuku, dapat menyebabkan kucing muntah kuning. Cacing bisa masuk ke perut dan organ dalam si anabul karena makanan yang tidak bersih, makan serangga seperti lalat, kontak fisik dengan kotoran sendiri, bisa juga telur cacing terbang lalu dihirup oleh si kucing. Kondisi cacingan selain membuat kucing muntah, ada juga penurunan berat badan dan kurang nafsu badan.

Makan Benda Asing

Kucing memiliki rasa penasaran yang tinggi, bukan hanya menyentuh benda asing dan hewan kecil saja, tak jarang si anabul memakan-nya dan itulah yang menyebabkan kucing muntah kuning. Saat benda asing dan hewan kecil masuk dalam sistem pencernaan lalu ke perut, muntah adalah reaksi yang umum.

Keracunan

Kucing termasuk hewan yang sulit di kontrol dan di pantau terutama kucing outdoor, karena itu sering kali makan sembarang entah itu diluar maupun didalam ruangan, terkadang makanan yang tidak layak dan bahkan bukan makanan pun dimakan. Nah bisa jadi apa yang dikonsumsi si anabul tanpa sepengetahuan pemilik adalah bahan beracun, penyebab terjadinya muntah kuning.

Gangguan Organ

Kucing rentan terhadap organ dalam tubuh yang bisa menyebabkan kucing muntah kuning seperti, gagal ginjal, liver. Gangguan klinis organ dalam tubuh si anabul biasanya terjadi jika usia 8 tahun. Waspadalah jika terus menerus kucing muntah kuning itu mungkin indikasi organ dalam sedang bermasalah.

Radang pada Saluran Pencernaan

Radang pada Saluran Pencernaan ini biasa terjadi di usus, dan merupakan gangguan yang cukup kompleks. Pada umum-nya terjadi karena salah makan atau terkena infeksi bakteri atau parasit, yang kemudian reaksi kekebalan dari tubuh si anabul berupa muntah kuning.

Setelah mengetahui penyebab kucing muntah, sebagai pemilik pasti hal yang pertama kali terpikir adalah membeli obat sebagai penanganan pertama untuk si anabul. Maka dari itu Klinik Sobat Satwa punya solusi untuk kucing muntah dan mencret, yaitu bawa ke Klinik Sobat Satwa, dan bisa konsultasi dengan dokter hewan kami.

Sebagai informasi saja, kucing muntah merupakan ‘lampu merah’ penyakit yang lebih berbahaya dan bisa berujung kematian, maka dari itu mencegah kejadian tambah parah, sebagai pemilik untuk membawa kucing muntah ke Klinik Sobat Satwa, supaya dapat penanganan yang baik dan pemberian obat yang tepat.

Pemilik bisa konsultasi ke Wa Kami. Info lebih lanjut hubungi tim kami di Klinik Sobat Satwa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *