Menangani Kucing Pilek di Klinik Sobat Satwa

Sedih rasanya melihat kucing peliharaan sedang sakit pilek, oleh karena itu menangani kucing pilek haruslah baik dan tepat, sebab jika tidak akan mempengaruhi kondisi tubuh si anabul secara keseluruhan. Secara umum pilek atau flu sering diderita oleh si kucing apalagi kalau belum di vaksin atau selalu dalam ruangan alias kurang berjemur.

Penting juga mengetahui gejala kucing pilek, supaya bisa ditangani dengan cepat, baik dan tepat, gejala kucing pilek secara umum sama seperti manusia yaitu bersin-bersin, keluar ingus, mata berarir, badan lemas dan kadang tidak mau makan, namun penanganan-nya tidak sama seperti manusia, ada penanganan khusus untuk si anabul supaya tidak bertambah buruk kondisi-nya.

Setelah mengetahui gejala-gejala, bisa dibawa ke Klinik Sobat Satwa, yang sudah biasa menangani Kucing pilek, jika masih belum yakin, kami akan bocorkan cara penanganan kucing pilek

Kucing Pilek

Berikut ini cara menangani kucing pilek di Klinik Sobat Satwa

  1. Menimbang berat badan
  2. Pengecekan suhu
  3. Melihat gejala klinis (bersin, batuk, adanya leleran hidung, mata berair dll)
  4. Pengecekan menyeluruh (telinga, mata, mulut, detak jantung, nafas dengan stetoskop)
  5. Pada kucing flu apabila demam diinjeksi antidemam dan obat tambahan lain sesuai gejala klinis yang ditemukan
  6. Selanjutnya dilakukan nebulasi untuk membantu mengeluarkan leleran-leleran dari hidung dan sebagai pelega pernafasan
  7. Pemberian obat minum

Menjaga kesehatan dan kebersihan kucing sangat penting, namun tidak kalah penting untuk menjaga kebersihan pemilik dan lingkungan kucing hidup/ peliharaan. Meski kucing pilek tidak menular ke manusia namun menjaga kebersihan tetap perlu dilakukan, pastikan selalu cuci tangan sebelum atau setelah memegang kucing pilek.

Tidak ada salahnya juga untuk melakukan kunjungan rutin ke Klinik Sobat Satwa untuk memeriksa kesehatan si kucing kesayangan. Info lebih lanjut hubungi tim kami di Klinik Sobat Satwa

Leave a Reply

Your email address will not be published.