Klinik Hewan Sobat Satwa Depok Menangani Kasus Kuping Penuh Gumpalan Darah (Othematoma)

Othematom biasa terjadi di kucing atau anjing karena daun telinga terbentuk dari tulang rawan yang dibungkus dengan jaringan lunak dan kulit. Akibatnya ketika ada gatal (mungkin karena jamur atau kutu), kucing atau anjing terus menerus menggaruk, terbentuklah gumpalan darah di bawah kulit telinga yang dikenal dengan Othematoma.

Tidak ada jalan lain selain melakukan operasi kecil untuk mengeluarkan gumpalan darah ini. Tentu saja kucing perlu puasa 8 jam sebelum tindakan. Langkah yang kami lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Daun telinga dibersihkan, bulu yg ada di sekitarnya dicukur hingga bersih
  2. Tutup lubang telinga dengan menggunakan kapas
  3. Daun telinga dibersihkan dengan semprot alkohol
  4. Dilakukan sayatan melintang pada telinga kurang lebih 2 cm
  5. Dikeluarkan cairan, lakukan pembersihan pada daun teling sampai bersih
  6. Dilakukan penjahitan d sekitar sayatan, luka sayatan memang sengaja tidak dijahit agar seroma yg nanti akan timbul dapat keluar
  7. Setelah selesai dijahit, dioleskan dengan salep bioplacenton agar jaringan lelas tumbuh

Selama masa penyembuhan, pemilik tentu saja diharapkan melakukan pengecekan setiap hari pada daun telinga. Pastikan tidak ada cairan, apabila ada cairan tekan dan keluarkan hingga bersih. Bersihkan dengan antiseptik lalu berikan salep. Selain itu ada obat pulang yang dibawakan, diwajibkan memakai collar dan ditempatkan di kandang selama satu minggu.

Anabul anda mengalami kasus serupa? silakan konsultasikan masalah othematoma anabul anda ke Klinik Hewan Sobat Satwa di Depok melalui WA 0811. 8488. 339

One Reply to “Klinik Hewan Sobat Satwa Depok Menangani Kasus Kuping Penuh Gumpalan Darah (Othematoma)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *